NI PUTU SONIA WIRA SETIA PREMANDHARI (2023) Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II B SD Negeri 7 Kesiman. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas II B SD Negeri 7 Kesiman melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Konkret. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II B SD Negeri 7 Kesiman yang berjumlah 28 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat data dari Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Konkret yaitu sebagai berikut: Pada Pra siklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 48,14 dengan ketuntasan belajar 13%, siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,21 dengan ketuntasan belajar 70% , dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 86,78 dengan ketuntasan belajar 95%. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Konkret dalam Muatan Pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | model discovery learning, media konkret, hasil belajar matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4005 |