YULIE (2023) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Mandiri Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SD SPK Green School Sibang Badung. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Menumbuhkan motivasi belajar siswa merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan metode proyek mandiri siswa dalam meningkatkan motivasi belajar dalam pelajaran Budaya Indonesia siswa kelas 3 SD SPK Green School dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa 23 siswa kelas 3 SD tahun ajaran 2022-2023 yang terdiri dari 10 siswi dan 13 siswa. Penelitian menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL). Dalam penelitian digunakan instrumen pengumpulan data secara kualitatif yaitu pengamatan motivasi belajar siswa. Data pengamatan menggunakan kriteria-kriteria yang terdapat dalam lembar observasi motivasi siswa. Hasil pengamatan di pra siklus tercatat 18,2% siswa yang memenuhi ketuntasan dalam proses pembelajaran. Setelah dilakukan penerapan metode PjBL, terjadi peningkatan hingga 84,3%. Nilai ketuntasan yang menjadi acuan peneliti adalah maksimal 4 dan minimal 3. Nilai 3 adalah 75% dari nilai 4. Rata-rata nilai ketuntasan adalah 3,53.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Keyword: motivation, learning, PjBL |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/4000 |