KADEK WIKAN BUDHIYANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN TTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA ditunjukan dengan nilai PAT yang dibawah KKM, hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan kurang inovatif dan bervariasi serta kurangnya penerapan media pembelajaran sehingga menyebabkan siswa jenuh dalam mengikuti pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA, maka dari itu dilakukan penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan media teka-teki silang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan nilai kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri 5 Kesiman Tahun ajaran 2022/2023 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media TTS (Teka-Teki Silang). Adapun objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kompetensi pengetahuan IPA melalui penerapan metode Problem Based Learning dengan media teka-teki silang. Dalam penilaian kompetensi pengetahuan IPA ini diadakan dengan sebuah evaluasi dan menggunakan tes tulis. Data yang telah diperoleh dari penerapan pada siklus I sampai dengan siklus II telah dibuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan nilai kompetensi pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kesiman Tahun Ajaran 2002/2023.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Media Teka-Teki Silang, Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3998 |