Search for collections on Karya Ilmiah

Habituasi Practical Life Skill dalam Mengembangkan Kemandirian Anak di TK Agape Montessori Bali

AGNESIA CHRISTY DARIJANTO (2023) Habituasi Practical Life Skill dalam Mengembangkan Kemandirian Anak di TK Agape Montessori Bali. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan habituasi atau pembiasaan practical life skill dalam pengembangan kemandirian anak di TK Agape Montessori. Penelitian ini dilalkukan pada anak usia 4-5 tahun di TK Agape Montessori yang berjumlah 12 anak, dimana tingkat kemandirian anak masih rendah dan perlu adanya kegiatan-kegiatan pembiasaan sehingga mereka dapat meningkatkan kemandirian dalam melakukan kerampilan hidup sehari-hari. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni descriptive Kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi yang meliputi tiga proses yakni pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa habituasi practical life skill dapat meningkatkan kemandirian pada anak. Hal ini ditunjukkan dari berbagai pembiasaan kegiatan yang dilakukan seperti melepas dan memakai kaos kaki, melepas dan memakai sepatu, memasang dan melepas kancing apparatus. Adapun kegiatan – kegiatan pembiasaan yang dilakukan oleh guru dengan cara memberikan tugas, tanya jawab, berdiskusi, bermain dan pembiasaan. ABSTRACTThis study aims to describe habituation or habituation of practical life skills in the development of children's independence in Agape Montessori Kindergarten. This study was conducted on children aged 4-5 years in Agape Montessori Kindergarten which include 12 students, in which the level of independence of children is still low. It needs habituation activities so that they can increase independence in carrying out the practical life skill. The research method used is descriptive qualitative. Data were collected through interviews, observation, and documentation methods. After collecting the data then it is analysed by triangulation techniques which include three processes, namely data collection, data reduction, and data presentation. The results of this study show that the habituation of practical life skills can increase independence in children. This is shown from the various habituation of activities carried out such as removing and wearing socks, removing, and wearing shoes, attaching and unbuttoning the apparatus. The habituation activities are carried out by teachers by giving assignments, questions and answers, discussing, playing, and habituation.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Habituasi, Practical Life Skill, Kemandirian Anak Keywords: Habituation, Practical Life Skill, Child Independence
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3991

Actions (login required)

View Item
View Item