Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE PEMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 DI SDN SUMBER ANYAR 1 KECAMATAN MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO

HOIROTUN NISAK (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE PEMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 DI SDN SUMBER ANYAR 1 KECAMATAN MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SDN Sumber Anyar 1. Rendahnya kemampuan membaca siswa disebabkan karena guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang menarik sehingga proses belajar menjadi monoton serta kemampuan siswa yang berbeda-beda dan sangat rendah. Media kartu bergambar adalah suatu metode membaca dengan menggunakan kartu yang berisikan gambar yang dilengkapi kata-kata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya meningkatkan kemampuan membaca melalui metode permainan kartu bergambar pada siswa kelas 1 di SDN Sumber Anyar 1 dan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 SD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada awal tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 50%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 64 %, pada siklus II meningkat menjadi 90%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode kartu bergambar dapat mengatasi kesulitan belajar membaca siswa kelas 1 SDN Sumber Anyar1 Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Kartu Bergambar.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3985

Actions (login required)

View Item
View Item