NUR HASANAH (2023) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mathematics Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Di era globalisasi pendidikan sangat penting, karena dengan pendidikan dapat menciptakan manusia yang berkualitas, berkarakter dan memiliki wawasan luas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model project based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan menggunakan model spiral oleh C. Kemmis dan MC. Taggart. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Islam Al Furqon Patemon Kulon, dengan jumlah siswa 24. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode deskriftif komparatif dengan membandingkan hasil dari sebelum diberikan tindakan yaitu, pra siklus sampai siklus II. Pada tahap pra siklus persentase motivasi belajar siswa diperoleh 29,1% dalam kategori sedang, sebanyak 70,8% dalam kategori rendah, kemudian secara bertahap pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 33,3% dalam kategori tinggi, dalam kategori sedang 45,8, dan 20,8% dalam kategori rendah. Terakhir pada siklus tahap II mengalami peningkatan yang signifikan dalam kategori tinggi yaitu, 83,3%, dalam kategori sedang 12,5 % dan 4,1% dalam kategori rendah. Meningkatnya motivasi siswa berpengaruh juga pada hasil belajarnya, dimana pada pra siklus memperoleh persentase 41,6%, dan mengalami peningkatan secara bertahap pada siklus 1 dengan persentase 66,6%. Siklus tahap II meningkat juga dengan persentase sebanyak 83,3%. Kesimpulannya dengan menggunakan model project based learning bisa menunjang aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran mathematics.ABSTRACT In the era of globalization, education is very important, because education can create human beings who have quality, character and insight. The purpose of this study was to determine the use of the project based learning model on student motivation and learning outcomes. This research is a type of classroom action research conducted through 2 cycles using the spiral model by C. Kemmis and MC. Taggart. The subjects in this study were fifth grade students at SD Islam Al Furqon Patemon Kulon, with a total of 24 students. Technique used a comparative descriptive method by comparing the results before the action was given, namely, pre-cycle to cycle II. In the pre-cycle stage, the percentage of students' learning motivation was 29.1% in the medium category, 70.8% in the low category, then gradually in cycle I it increased to 33.3% in the high category, 45.8 in the medium category. and 20.8% in the low category. Finally, in the second cycle, there was a significant increase in the high category, namely 83.3%, in the medium category, 12.5% and 4.1% in the low category. Increased student motivation also affects their learning outcomes, where in the pre-cycle the percentage is 41.6%, and there is a gradual increase in cycle 1 with a percentage of 66.6%. The second cycle, it also increased with a percentage of 83.3%. In conclusiom that using the Project Based Learning model can support student learning activities in an effort to increase motivation and learning outcomes in mathematics studies subjects.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Project Based Learning, motivasi, dan hasil belajarKeywords: Project Based Learning, Motivation, and Result of Learning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3984 |