YULI ASTUTIK (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS II UPTD SPF SDN DABASAH 3. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, hal ini dikarenakan guru kurang maksimal dalam menggunakan metode belajar, sehingga siswa merasa bosan dan tidak tertarik dalam belajar juga dalam memahami konsep materi yang di ajarkan. Maka perlu melakukan perbaikan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunaan metode diskusi kelompok.Tujuan dilaksanakan penelitian ini supaya dapat meningkatka konsep belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas II UPTD SPF SDN Dabasah 3.Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan pelaksanaan tindakan II siklus. Pada siklus I dari 26 siswa hanya ada 9 mendapat nilai > 60 atau mencapai 35% dan siswa yang memperoleh nilai diatas < 60 atau mencapai 65 %. Dari data nilai siswa kelas II rata – rata kelas 66 dan 17 siswa memperoleh nilai di bawah60. Pada siklus II ditetapkan sebesar 60 sebanyak 26 siswa mendapat nilai > 60 atau mencapai 85% dan siswa mendapat nilai < 60 atau mencapai 15 %. Dari data nilai siswa kelas II rata – rata kelas 77. Maka pembelajaran dengan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga siswa tidak ragu lagi dalam mengeluarkan pendapat tentang materi pembelajaran yang belum di pahami.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, metode kelompok |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3980 |