NOVA ALVIATI (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Listrik Kelas VIB SD Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar IPA materi listrik pada kelas VIB dianalisis kurang optimal karena dari total 28 siswi sebanyak 10 siswi belum mencapai nilai ketuntasan minimum sekolah, sehingga persentasi ketuntasan kelas masih berkisar 64 %. Oleh sebab itu, penelitian dilakukan guna meningkatkan hasil belajar IPA materi listrik pada siswi kelas VIB. Penelitian ini dilakukan di SD Al Furqan Jember pada kelas VIB menggunakan metode inkuri terbimbing dengan jumlah siswi sebesar 28 orang. Metode inkuiri memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami atau melakukan sendiri, mengikuti proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan, dan menarik kesimpulan sendiri mengenai suatu objek, keadaan atau proses tertentu, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan materi pembelajaran lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa metode inkuiri terbimbing meningkatkan hasil belajar IPA pada siklus I sebesar 79 % dan pada siklus II sebesar 89 %. Jadi, metode inkuiri terbimbing yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswi kelas VIB pada materi listrik di SD Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Listrik, inkuiri terbimbing, hasil belajar IPA. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:14 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3979 |