Search for collections on Karya Ilmiah

PEMANFAATAN ALAT PERAGA KERTAS KARTON BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS III SDN GAMBIRAN 01 TAHUN AJARAN 2022/2023

AHMAD KARIMULLAH (2023) PEMANFAATAN ALAT PERAGA KERTAS KARTON BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS III SDN GAMBIRAN 01 TAHUN AJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar matematika pada aspek bilangan pecahan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada siswa kelas III SDN Gambiran 01 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Bentuk penelitian menggunakan rancangan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP). Sedangkan populasi dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gambiran 01 tahun 2022/2023 dengan jumlah populasi sebanyak sejumlah 28 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode tes, observasi dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mendapatkan hasil belajar matematika setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam dapat diketahui bahwa. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 57% (16 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 28 siswa), pada siklus II sebesar 89% (25 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 28 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Alat peraga, kertas karton, materi pecahan.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:14
Last Modified: 11 Dec 2023 09:14
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3977

Actions (login required)

View Item
View Item