INDRI FEBRIANTI ROHMANI (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG MACAM - MACAM JENIS SUDUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SUMBERAGUNG KECAMATAN DRINGU. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu permasalahan yang terjadi pada pengelolaan kelas pada saat kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran matematika di SD yaitu kurang tertariknya siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Seperti yang terjadi pada siswa kelas III di SDN Sumberagung kurang memahami pembelajaran matematika dengan menyatakan data yaitu dari 16 siswa terdapat 7 siswa (44%) yang memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65, sedangkan yang 9 siswa (56%) memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu terdapat juga permasalahan yang ada ada di kelas yaitu beberapa siswa yang merasa bosan saat jam pelajaran berlangsung. Sebelum melakukan penelitian, peneliti akan mengatur sebuah pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran yaitu alat peraga yang berupa jam sudut, kemudian dilanjutkan dengan metode demonstrasi. Tujuan penelitian yang diinginkan yaitu agar mengetahui bahwa penggunaan alat peraga jam sudut dapat meningkatkan keberhasilan siswa kelas III SDN Sumberagung. Oleh sebab itu, sebagai seorang pendidik diharapkan untuk membantu anak didiknya dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yaitu dengan cara mendemonstrasikan alat peraga tersebut. Dan terbukti dengan penggunaan alat peraga jam sudut yang telah diterapkan di dalam kelas dapat meningkatkan keberhasilan pada siswa kelas III SDN Sumberagung.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Metode demonstrasi, dan Hasil Belajar. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3969 |