Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBANDINGKAN PECAHAN BIASA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI SDN KASIYAN 01

DUHRI RIDHO FATHURRAHMAN (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBANDINGKAN PECAHAN BIASA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI SDN KASIYAN 01. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peranan matematika sangat penting yaitu sebagai alat bantu dalam penerapan-penerapan bidang ilmu lain maupun dalam pengembangan matematika itu sendiri. Strategi yang kurang bervariasi menjadi salah satu faktor hasil belajar siswa kelas III pelajaran matematika materi membandingkan pecahan biasa sehingga hasil belajar kurang maksimal. Tujuan perbaikan pembelajaran ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi membandingkan pecahan di SDN Kasiyan 01. Model yang digunakan yaitu model kooperatif tipe stad, yaitu yang berpusat pada siswa, artinya siswa diberi kesempatan seluas- luasnya untuk terlibat secara aktif dan kreatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan kualitatif. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada siklus I, diketahui persentase ketuntasan klasikal sebesar 56,3%. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan klasikal mengalami peningkatan 25% menjadi 81,7%. Kesimpulannya adalah bahwa penggunaan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi membandingkan pecahan biasa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kooperatif learning tipe STAD, matematika
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3967

Actions (login required)

View Item
View Item