Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

AGUSTINA WIWIT WIDIYANTI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan adalah sarana yang digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas seorang peserta didik. Upaya peningkatan itu dapat berupa perbaikan proses pembelajaran maupun peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di jenjang sekolah dasar. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V SD pada semester II Tahun pelajaran 2022 / 2023 melalui penerapan metode Problem Based Learning dengan kegiatan eksperimen dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan penilaian hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning dengan kegiatan eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awal pembelajaran adalah 31,03 %, pada siklus I menjadi 51, 72 % dan pada akhir siklus adalah 82,7 %. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan kegiatan eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar pada semester II Tahun pelajaran 2022 / 2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Eksperimen, Hasil Belajar.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item
View Item