Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS 4A SD ISLAM IMAM SYAFI’I

RIZAL HAMZAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS 4A SD ISLAM IMAM SYAFI’I. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode pembelajaran merupakan bagian penting dalam pembelajaran di kelas. Penelitian Ilmiah ini ditulis bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Kerjasama pembelajaran tematik melalui penggunaan model pembelajaran Make-A Match. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4A SD Islam Imam Syafii yang berjumlah 25 siswa. Penerapan model pembelajaran Make-A Match di kelas 4A di SD Islam Imam Syafii terbukti dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini ditemukan adanya perkembangan atau progress Kerjasama yang baik antar siswa pada siklus 2 hasil persentase untuk keseluruhan indikator Kerjasama siswa adalah 84% yang sebelumnya pada siklus 1 sebesar 64%. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan deskriptif analitik. Saya membuat kesimpulan sementara hasil pembelajaran matematika pecahan dengan menggunakan model pembelajaran Make-A Match dapat meningkatkan kemampuan Kerjasama kelas 4A di SD Islam Imam Syafii, Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Kerjasama, Model Pembelajaran Make-A Match, Pecahan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3965

Actions (login required)

View Item
View Item