Search for collections on Karya Ilmiah

Implementasi Model Children Learning In Science (CLIS) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Ketrampilan Proses Sains Siswa

MALIHATIN (2023) Implementasi Model Children Learning In Science (CLIS) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Ketrampilan Proses Sains Siswa. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan ketrampilan sains pada siswa kelas IV SDN 2 Selomukti. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut adalah model pembelajaran children learning in science (CLIS) berbasis eksperimen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Selomukti tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 18 orang.. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah posttes untuk menilai pemahaman konsep, penilaian sikap dan ketrampilan proses sains menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil ppemahaman konsep pada siklus I sebesar 69,17 dengan ketuntasan klasikal 61,1%, sedangkan untuk ketrampilan proses sain (KPS) 67,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50% . Pada siklus II rata-rata hasil belajar untuk aspek Pengetahuan 80,28 dengan ketuntasan klasikal 94,4%, sedangkan untuk KPS rata-rata 79,58 dengan ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian penerapan pembelajaran dengan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep IPA dan ketrampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA pokok materi wujud dan perubahannya

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: children learning in Science, Eksperimen, pemahaman konsep, ketrampilan proses sains
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3964

Actions (login required)

View Item
View Item