Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya dan Gerak Kelas IV SD Negeri 3 Selomukti Tahun Pelajaran 2022-2023

ERNI WIDIYASTUTIK (2023) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya dan Gerak Kelas IV SD Negeri 3 Selomukti Tahun Pelajaran 2022-2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya motivasi dan hasil belajar merupakan salah satu dampak dari penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak kelas IV SD Negeri 3 Selomukti Tahun Pelajaran 2022-2023. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 3 Selomukti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, meberikan post test, mengumpulkan data dan menganalisis data. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Model pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran ini adalah model pembelajaran Disvovery Learning dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dilakukan dengan 3 siklus, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan persentase motivasi belajar siswa sebesar 16,67%, dari siklus I sebesar 61,11% kategori rendah dan pada siklus II sebesar 77,78% kategori sedang. Penerapan model Disvovery Learning juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa IPA siswa kelas IV. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa sebesar 22,2%, dari siklus I sebesar 66.7 % sedangkan pada siklus II sebesar 88,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak siswa kelas IV SD Negeri 3 Selomukti Tahun Pelajaran 2022-2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3963

Actions (login required)

View Item
View Item