Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Melalui Media Gambar dengan Metode Diskusi pada Kelas IV SDN Sumur DalamKabupaten Probolinggo

SYAMSUL ARIFIN (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Melalui Media Gambar dengan Metode Diskusi pada Kelas IV SDN Sumur DalamKabupaten Probolinggo. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak: Suatu masalah yang dibahas secara eksplanasi dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV terkhusus mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan sebuah metode diskusi dan media gambar dalam menulis sebuah karangan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar agar supaya siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis karangan menggunakan metode diskusi melalui media gambar. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SD Negeri Sumur Dalam dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 siswa dalam satu kelas. Jadwal penelitian yaitu semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Suatu penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil tes formatif untuk setiap siklus merupakan data kuantitatif. Sebaliknya, data kualitatif terdiri dari hasil observasi dari setiap modul pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dievaluasi dengan menilai aspek keberhasilan untuk menentukan hasil proses belajar siswa. Ada sebanyak 20 siswa di kelas IV SDN Sumur Dalam. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus terdapat 8 siswa (40%) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 terjadi peningkatan menjadi 12 siswa (60%). Pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa (100%). Berdasarkan persentase jumlah siswa yang tuntas pada siklus satu yaitu 60% meningkat menjadi 100% pada siklus kedua. Jadi dapat disimpulakan dari hasil penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan metode diskusi melalui media gambar ialah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Menulis Karangan, Metode Pembelajaran, Diskusi, Media Gambar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3958

Actions (login required)

View Item
View Item