Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA PADA TK ALAM BINARI KALIMANTAN UTARA

FADHILLAH NUR ANNISA' (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA PADA TK ALAM BINARI KALIMANTAN UTARA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan kognitif mengacu pada perkembangan anak dalam berpikir dan kemampuan untuk memberikan alasan. Pada perkembangan kognitif anak khususnya dalam memahami konsep bilangan melalui kartu angka ternyata masih masih terdapat banyak kedala yang mana salah satunya yakni kurangnya kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran agar mampu menarik minat anak dalam belajar memahami konsep bilangan melalui kartu angka selain itu juga kurangnya media yang masih belum mampu dan sulit dipahami oleh anak usia dini secara optimal. Rumusan masalah ini dpaat dirumuskan sebagai berikut : a) Bagaimanakah meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan anak Kelompok A TK Alam Binari Kalimantan Utara? b) Bagaimanakah pengaruh penggunaan Kartu Angka Bergambar untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan anak kelompok Kelompok A TK Alam Binari Kalimantan Utara? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting bentuk geometri pada Tk A Alam Binari Kalimantan Utara tahun pembelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami konsep bilangan melalui bermain kartu gambar menunjukkan aktivitas belajar anak menjadi aktif dan meningkat. Sebelum ada tindakan, pemahaman konsep bilangan anak pada pra siklus berada pada tingkat kurang baik, yaitu dari segi membilang/ menyebut urutan bilangan 1-20, menyebut/menunjuk lambang bilangan dan mengenal konsep banyak/sedikit hanya mendapat total skor BB 36 dengan persentase sebanyak 23,1%. Tetapi setelah adanya tindakan pemahaman konsep bilangan semakin meningkat pada setiap pertemuan, terlihat pada hasil observasi dari awal hingga akhir pertemuan tedapat peningkat yang cukup baik, dengan hasil MB 38 dengan persentase 24,3% selanjutnya BSH 40 dengan persentase 26,6% serta yang terakhir BSB 42 dengan persentase 26,9%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konsep Bilangan, kartu Angka, hasil belajar.
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3953

Actions (login required)

View Item
View Item