Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN ALAT PERAGA KUBUS dan BALOKUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VSDN SUMBERJATI 03

NANIK UMIYATI NINGSIH (2023) PENGGUNAAN ALAT PERAGA KUBUS dan BALOKUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VSDN SUMBERJATI 03. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKTema yang melatarbelakangi penelitian ini adalah motivasi, sepert : siswa tidak berani menjawab pertanyaan, tidak semangat belajar, tidak tahu cara memecahkan masalah, dan hasil belajar kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri Sumberjati 03 dengan jumlah siswa 25 orang. Kegiatan menggunakan alat peraga kubus dan balok. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian dapat dijelaskan bahwa peningkatan motivasi dan belajar siswa dari siklus sebelumnya masih rendah atau belum mencapai KKM. Hanya 6 siswa yang mencapai KKM. Pada siklus I nilai mengalami peningkatan menjadi 70, dan sudah mencapai KKM. Ketuntasan belajar siswa mencapai 60%. Kemudian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II nilai meningkat menjadi 90 dan sudah mencapai ketuntasan belajar yaitu 88% melebihi kriteria ketuntasan minimal 75%. Motivasi belajar siswa meningkat menjadi rata-rata 75%. Pada saat yang sama, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 70% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 91%. Dari sini dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: alat peraga kubus dan balok, motivasi dan hasil belajar.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3952

Actions (login required)

View Item
View Item