Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEMPERHATIKAN TINGKAT MISKONSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SDN SERUNI 01

RIADHATUL ULUM (2023) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEMPERHATIKAN TINGKAT MISKONSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SDN SERUNI 01. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan memperhatikan tingkat miskonsepsi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Seruni 01 Kabupaten jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan keberhasilan siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Seruni 01 semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subyek penelitiannya adalah keberhasilan dalam belajar bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Kriteria keberhasilannya adalah rata-rata kelas minimal sesuai dengan nilai KKM dan pencapaian kesempurnaan klasikal minimal 65%. Pada periode pertama, kemauan belajar meningkat dari 56 persen menjadi 83 persen pada periode kedua. Data dari Siklus II menunjukkan bahwa keberhasilan yang diharapkan tercapai bahkan melebihi indikator keberhasilan studi yang diusulkan. Dari hal tersebut peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif Jigsaw yang diterapkan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Tingkat Miskonsepsi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3949

Actions (login required)

View Item
View Item