ICHA KHUSNUL HAFIDZAH (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SIMBOL-SIMBOL PADA PETA MELALUI METODE DISKUSI KELAS V SDN 4 BENCULUK KABUPATEN BANYUWANGI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian bertujuan dalam mengetahui hasil penerapan metode diskusi kelompok pada materi symbol-simbol peta mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Hasil observasi dan wawancara awal pada siswa dan guru kelas V SDN 4 Benculuk menujukan bahwa siswa masih kurang parsipatif dalam proses pembalajaran ilmu pengetahuan social sehingga hasil belajar yang di peroleh tergolong rendah. Penelitian dilakukan dengan subjek 10 siswa kelas V SD Negeri 4 Benculuk. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus dengan tahapan: 1) melakukan rencana tindakan 2) melakukan tindakan atau aksi yang akan dilakukan 3) Melakukan observasi atau pengamatan 4 Melakuan refleksi Refleksi. Penelitian siklus I siswa hanya fokus menggunakan buku paket sekolah. Penelitian siklus II siswa menggunakan buku paket dan media gambar peta. Dari penelitian siklus I keaktifan belajar siswa pada setiap indikatornya memperoleh hasil persentase sebesar 65%. Dan pada siklus II mencapai persentas ketuntasan sebesar 85%, hasil tindakan juga menunjukan keberhasilan indikator pekaksanaan pembelajaran. Kesimpulan dengan menerapan metode diskusi berkelompok dapat memberikan peningkatan pada hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS dan telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci:Hasil belajar siswa,Pembelajaran IPS,Diskusi |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3945 |