MUHAMMAD HAIRUL ANWAR (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GRUJUGAN KIDUL 2 KECAMATAN GRUJUGAN KABUPATEN BONDOWOSO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pembelajaran IPA memberi penekanan pada penguasaan konsep. Penguasaan konsep dilaksanakan dalam rangka pengembangan kompetisi siswa. Kurangnya penguasaan konsep IPA memperngaruhi hasil belajar siswa terhadap materi kenampakan permukaan bumi di SD Negeri Grujugan Kidul 2 kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, menggunakan metode eksperimen dengan media gambar dan alam sekitar sekolah pada siswa kelas III semester II terdapat permasalahan – permasalahan yang harus di selesaikan. Berdasarkan hasil refleksi dari guru dibantu observasi, permasalahan pembelajaran IPA yang tampak yaitu media yang digunakan guru kurang tepat. Terbukti pada hasil nilai evaluasi dan ulang harian IPA yang dicapai oleh siswa kurang memuaskan dari 11 siswa kelas III hanya 4 siswa yang mencapai kereteria (KKM) ketuntasan minimal atau 35% yang mencapai KKM 65% ke atas. Siswa hanya sebagai obyek dalam proses pembelajaran dan metode kurang bervariasi.Rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam sehingga penelitian ini dilakukan untu memperbaiki proses belajar yang belum optiomal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi kenampakan permukaan bumi di kelas III di SDN Grujugan Kidul 2 Grujugan. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran di laksanakan dengan II siklus yaitu siklus I di laksanakan pada tanggal 2 Mei 2023 dan siklus II dilaksanakan pada 9 Mei 2023. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, teknik analisis datanya secara kuantitatif. Diketahui pada awal siklus (pra siklus) 20% siswa yang tuntas dengan nilai di atas KKM, pada siklus I diketahui siswa mengalami sedikit peningkatan yaitu persentase ketuntasan siswa adalah 36,4% sedangkan pada siklus II menjsagadi 72,7% . Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode eksperimen pad amata pelajaran ilmu pengetahuan alam siswa terfokus pada materi kenampakan permukaan bumi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN Grujugan Kidul 2 Kecamatan Grujugan .
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Permukaan Bumi, Metode Eksperimen, dan Hasil Belajar. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3943 |