Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDPADA MATERI PECAHAN MELALUI PENERAPANPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SENI KOLASE

ZAMIL MULYADI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDPADA MATERI PECAHAN MELALUI PENERAPANPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SENI KOLASE. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Gumukmas 05 Kecamatan Gumukmas KabupatenJember diperoleh informasi bahwa pembelajaran lebih didominasi oleh guru, hasil belajar siswa dikelas II pada pembelajaran matematika, pembelajaran lebih dominan dilaksanakan menggunakanmodel pembelajaran konvensional dan penilaian dilakukan hanya pada ranah kognitif.Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) bagaimanakahpelaksanaan pembelajaran kontekstual melalui seni kolase yang dapat meningkatkan hasil belajartema 3 Benda di sekitarku pada siswa kelaas V SDN Gumukmas 05 ?; (2) bagaimanakah peningkatanhasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual melalui seni kolase pada siswakelas II SDN Gumukmas 05. Perbedaaan peningkatan hasil belajar yang signifikan dapat terlihat darinilai rata-rata kelas yang menggunakan metode pembelajaran kontekstual melalui seni kolase dari42,09 menjadi 57,61 atau meningkat sebesar 15,52, sedangkan pada kelas yang menggunakan modelpembelajaran konvensional peningkatannya tidak terlalu signifikan yaitu dari nilai rata-rata 42,06menjadi 48,08 atau meningkat sebesar 6,02; (3) Respon siswa kelas II SDN Gumukmas 05kecamataan Gumukmas kabupaten Jember setelah penerapan metode pembelajaran kontekstualdalam pembelajaran matematika berada pada kriteria Baik dengan persentase sebesar82,47%.Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka dapat disampaikan beberapa saransebagai berikut: (1) penerapan metode pembelajaran kontekstual melalui seni kolase memilikipengaruh yang positif terhadap hasil belajar, namun demikian terdapat beberapa hal yang harusdiperhatikan yaitu: (a) karakteristik kompetensi dasar (KD) yang diajarkan harus mengarah padapenguasaan konsep, karena jika KD yang hendak diajarkan hanya membutukan kemampuaningatan/hafalan siswa, maka penerapan metode pembelajaran kontekstual melalui seni kolase akanmembutuhkan banyak waktu; (b) guru harus memiliki kemampuan mengorganisasi danmengkondisikan kelas dengan baik; (c) guru harus memperhatikan alokasi waktu pembelajaran agarpenerapan metode pembelajaran kontekstual melalui seni kolase ini tidak mengganggu pembelajaranyang lain; dan (d) guru harus dapat menyusun dan menyampaikan tujuan pembelajaran denganoperasional; (2) dalam penelitian ini hanya satu aspek yang diambil sebagai variabel penelitian yangmempengaruhi hasil belajar, oleh karena itu disarankan bagi peneliti lain untuk meneliti variabel laindi luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Kontekstual, Seni Kolase.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3931

Actions (login required)

View Item
View Item