YENI RESTININGTIYAS (2023) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET PADA KELAS 3 DI SDN MOJOMULYO 01. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pembelajaran IPA kelas 3 SDN Mojomulyo 01 masih didominasi dengan pembelajaran konvensional dimana guru hanya menerapkan metode ceramah dan tanya jawab dengan siswa tanpa menggunakan media pembelajaran terutama media benda konkret yang secara langsung dapat menghubungkan peserta didik dengan isi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan benda konkret pada siswa kelas 3 SDN Mojomulyo 01. Subjek penelitian ini yaitu murid kelas 3 pada semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 8 siswa. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh sebanyak 62,5% atau 5 siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian siklus 2 mengalami peningkatan sebanyak 100% atau 8 siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Maka dapat disimpulkan bahawa pembelajaran menggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas 3 SDN Mojomulyo 01.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Media Benda Konkret |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3926 |