VIDA LESTARI (2023) Kegiatan Bermain Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak Kelompok B Dalam Mengenal Bentuk Geometri. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok B dalam mengenal bentuk geomtri melalui kegiatan bermain puzzle di TK Dharma Wanita 04 Pasrujambe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu:Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan dan Refleksi. Subjek yang diteliti adalah anak kelompok B yang terdiri dari 6 (enam) anak laki-laki dan 4 (empat) anak permpuan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi menggunakan instrumen cheklis observasi. Data dianalisis secara kualintatif diskriptif. Hasil menunjukan bahwa selama menerapkan siklus 1 dan 2, Guru memiliki kelemahan, yaitu kurang jelas dalam menjelaskan aturan main dan guru juga membatasi waktu bermain. Selain itu terdapat pula kelebihan guru yaitu menghadirkan permainan baru yang menyenangkan, guru menyajikan permainan puzzle yang berbeda setiap harinya. Terkait kemampuan anak yang distimulasi hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak kelompok B dalam mengenal bentuk geometri setelah diberi perbaikan pembelajaran dengan kegiatan bermain puzzle secara terus-menerus. Bagi guru pendidikan usia dini (PAUD) yang ingin meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak dapat menggunakan permainan puzzle sebagai kegitan pembelajaran yang menyenangkan serta menambah konsentrasi pada anak.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | bermain,bentuk geometri, PAUD, taman kanak-kanak, Puzzle, penelitian tindakan kelas |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3916 |