BIMA ARIFUDIN BUDIMAN (2023) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA SISWA KELAS V SDI NURUL KAROMAH. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian ini berawal dari hasil ulangan siswa yang banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu sebesar 60 pada materi sistem pencernaan, dari masalah tersebut, ditemukan bahwa siswa kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar sehingga hasil belajar siswa mengalami penururnan, oleh karena itu digunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan belajar, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sistem pencernaan, dan meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, pada penelitian ini dilakukan selama dua siklus, dari hasil penenlitian yang sudah dilakukan didapatkan bahwa nilai rata-rata siklus satu adalah 66 dengan banyak siswa yang tuntas sebesar 40%, pada siklus dua nilai rata-rata siswa sebesar 71, di mana banyak siswa yang sudah tuntas yaitu sebesar 90%, motivasi siswa diketahui dari hasil angket siswa yang menunjukkan sebagian besar siswa setuju kalau pembelajaran yang dilakukan membuat siswa aktif, bersemangat dan merasa senang, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar, dan motivasi siswa, yang ditandai dengan keaktifan, kesenangan dan ketertarikan siswa terhadap kegiatan belajar.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: hasil belajar, motivasi, teams games tournament (TGT), siklus. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3914 |