Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Literasi Dasar Membaca dan Minat Baca Siswa dengan Metode Adaptasi Prahtam-TaRL Kelas 2 SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri

SUPRIYANTO (2023) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Literasi Dasar Membaca dan Minat Baca Siswa dengan Metode Adaptasi Prahtam-TaRL Kelas 2 SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingkat literasi di Indonesia masih terbilang rendah berdasar dari data PISA. Pemerintah mencoba untuk menangani masalah literasi dengan menggalakan program Gerakan Literasi di sekolah. Rendahnya pemahaman literasi dipengaruhi oleh faktor media dan metode yang diberikan guru kurang menarik bagi peserta didik. Dengan metode yang bervariasi guru diharapkan dapat meningkatkan pemahaman literasi dan minat baca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi dasar dan minat baca peserta didik kelas 2 SDN Bandar Kidul dengan metode pratham TaRL. Asesmen literasi awal digunakan untuk menentukan kelompok pemahaman peserta didik. Pretest dan postest dilaksanakan untuk menilai peningkatan kemampuan literasi setelah diterapkanya metode Pratham TaRL. Hasil penelitian menunjukan implementasi pembelajaran model Pratham TaRL dapat meningkatkan pemahaman literasi dasar peserta didik. 12 Peserta didik mengalami kenaikan yang signifikan baik dari tingkat huruf ke kata, kata ke paragraf, ataupun paragraf ke cerita. Pemahaman peserta didik mengenai buku cerita juga bertambah terlihat dari rerata pretest 65,50 naik menjadi 83,55.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Literasi, Pratahm TaRL, Minat Baca
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3910

Actions (login required)

View Item
View Item