Search for collections on Karya Ilmiah

ANALISA TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS 1 SD MODERN PARAMADINA KEDIRI

NITA SIWI BUDIARTI (2023) ANALISA TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS 1 SD MODERN PARAMADINA KEDIRI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang digunakan dalam keseharian masyarakat Pulau Jawa yang ada di Negara Indonesia. Pentingnya melestarikan bahasa Jawa sebagai nilai luhur budaya bangsa agar tidak terkikis oleh kemajuan zaman serta kecanggihan teknologi. maka pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar sangatlah penting untuk dapat ditanamkan kepada para generasi penerus bangsa yang akan menjadi pemimpin masa depan bangsa dengan mengunggulkan nilai-nilai budaya terutama bahasa Jawa. Begitu banyaknya faktor penyebab yang menjadikan bahasa Jawa ini luntur ditelan zaman bahkan hilang dari peradaban manusia modern saat ini yang mengunggulkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan Negara Indonesia. Pengaruh ini yang menjadikan bahasa Jawa dirasa tidaklah penting. Sehingga, dengan banyak pertimbangan dan faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman konsep kosa kata bahasa Jawa dalam proses pembelajaran bahasa Jawa melalui sumber belajar yaitu buku mata pelajaran bahasa Jawa, peneliti ingin meneliti dengan menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan, mengungkapkan, serta menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik di dalam proses pembelajaran bahasa Jawa. Dilihat dari hasil temuan bahwa hanya 10% siswa yang paham bahasa Jawa dan 90% tidak paham akan bahasa Jawa. Oleh karenanya, teknik pengumpulan data yang akan dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, peneliti memperoleh informasi bahwa mayoritas peserta didik memiliki tingkat pemahaman konsep kosa kata bahasa Jawa yang bersumber pada buku mata pelajaran peserta didik sangatlah rendah. Pemahaman ini perlu didukung dengan pendampingan baik orangtua atau guru dalam memahamkan kosa kata bahasa Jawa di dalam proses pembelajaran bahasa Jawa. Al-hasil nilai ujian akhir peserta didik meningkat dengan persentase ketuntasan 79% dan yang belum tuntas 21%. Sehingga tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah dapat meningkatkan pemahaman kosa kata bahasa Jawa dalam proses pembelajaran bahasa Jawa di kelas 1 SD Modern Paramadina Kediri.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Pembelajaran, Bahasa Jawa
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item
View Item