LULUK INDRAINI (2023) EFEKTIFITAS METODE DISKUSI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATERI GLOBALISASI DUNIA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI BULU 3. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Mata pelajaran tema 4, Globalisasi kelas 6. Materi mata pelajaran SDN Bulu 3, motivasi dan semangat belajar siswa masih rendah, karena partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran kurang begitu mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan pembelajaran adalah dengan mengadakan diskusi sedemikian rupa sehingga merangsang dan menciptakan kemampuan belajar pada siswa secara langsung dalam mengemukakan pendapat. Kinerja siswa pada materi globalisasi tanpa batas dirasa kurang memadai, oleh karena itu perlu adanya inisiatif untuk meningkatkan hasil belajar. . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan pembelajaran. SDN Bulu 3 Kecamatan Semen Kabupaten Kediri kelas 6 angkatan tahun 2022 sebanyak 16 anak, hanya 2 anak (12,50%) yang mencapai kategori sempurna. Artinya mayoritas siswa tidak mencapai tingkat penguasaan materi 70% atau lebih atau mencapai kurang dari 75 poin, tingkat keaktifan belajar 25% yaitu 25%. 4 siswa dari 16 siswa dan mencapai rata-rata belajar. Hasil 57,92 KKM dengan nilai awal 75. Dengan menerapkan metode diskusi kelompok pada materi globalisasi selama transmisi, diharapkan akan diperoleh pengalaman baru dari pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan akan tercapai.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Metode diskusi, keaktifan belajar globalisasi |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3905 |