NURUL HIDAYATI (2023) PENGGUNAAN METODE INKUIRI BERBASIS MEDIA REALIA (BENDA NYATA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada kelas IV MI Miftahul Huda Kabupaten pasuruan semester Genap tahun pelajaran 2022-2023 dengan menggunakan metode inkuiri berbasis media realia (Benda nyata). Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih banyak memperoleh di bawah KKM (76).Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek yang dijadikan penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menggunakan metode inkuiri berbasis media realia (Benda nyata) mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada nilai yang diperoleh siswa. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebanyak 80 dan pada siklus II meningkat menjadi 90. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 14 siswa atau sebesar 66,7% dan pada siklus II meningkat sebanyak 19 siswa atau sebesar 90,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri berbasis media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.ABSTRACTThis classroom action research aims to improve student learning outcomes in the subject of Natural Sciences (IPA) in class IV MI Miftahul Huda Pasuruan Regency even semester of the 2022-2023 school year by using an inquiry method based on realia media (real objects). The background of this research was the learning outcomes of students who still obtained a lot under the KKM (76). Data collection techniques used tests and observations. While the data analysis techniques used are quantitative and qualitative data analysis techniques. The subjects used as research were grade IV students, totaling 21 students. The results of the research using the inquiry method based on realia media (real objects) are able to improve student learning outcomes in Natural Sciences (IPA) subjects. Improved student learning outcomes can be seen in the scores obtained by students. In cycle I the average score obtained by students was 80 and in cycle II it increased to 90. The number of students who achieved mastery learning in cycle I was 14 students or 66.7% and in cycle II it increased by 19 students or 90. 5%. Thus it can be concluded that the inquiry method based on realia media can improve student learning outcomes in Natural Sciences subjects.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Inkuiri, Media Realia, Hasil Belajar, Pelajaran Ilmu Pengetahuan AlamInquiry Methods, Realia Media, Learning Outcomes, Natural Science Lessons |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3902 |