Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA RANGKAIAN LISTRIK SISWA KELAS VI UPT SDN POPOH 03 MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN

ALFI HIDAYAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA RANGKAIAN LISTRIK SISWA KELAS VI UPT SDN POPOH 03 MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VI UPT SDN Popoh 03 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Oleh sebab itu, peneliti melakukan perbaikan menggunakan metode eksperimen sehingga dapat menarik minat belajar peserta didik.Metode eksperimen merupakan metode yang dirasa tepat dan sesuai dengan kondisi siswa. Dimana metode ini memberi kesempatan kepada siswa dalam memperoleh pengetahuan dan pengalaman belajar langsung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan metode eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar IPA rangkaian listrik pada siswa kelas VI UPT SDN Popoh 03. Rancangan Penelitian Tindakan Kelas ini dengan 2 siklus dan menggunakan metode eksperimen. Pokok pengamatan ini ialah seluruh siswa kelas VI UPT SDN Popoh 03 yang berjumlah 21 siswa. Berdasarkan pada hasil tes evaluasi siklus, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari 62,86 pada siklus 1 menjadi 85,48 pada siklus 2 dan hasil ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 52% pada siklus 1 menjadi 85,7% pada siklus 2. Sebagai upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi rangkaian listrik dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen memberikan dampak positif pada proses pembelajaran siswa kelas VI.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: eksperimen, hasil belajar, rangkaian listrik.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item
View Item