NANDA IQBAL FIRMANSYAH (2023) Peningkatan Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas 6 dengan Menggunakan Media Alat Peraga Bangun Ruang di SDN 1 Tapan. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam mata pelajaran Matematika, dimana mereka kurang mampu memahami karakteristik dan ciri-ciri dari bangun. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas kurang dari ketuntasan minimum yang telah ditentukan yaitu 70. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika bangun ruang dengan menggunakan alat peraga bangun ruang siswa Kelas VI SDN 1 Tapan. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan media alat peraga bangun ruang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena penelitian ini dilakukan untuk merefleksi dan memperbaiki kinerja guru agar hasil belajar siswa meningkat. Pembelajaran dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu pembelajaran siklus I dan siklus II. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dan untuk pengumpulan data didapat dari observasi, dokumen dan tes. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media alat peraga bangun ruang dapat meningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 1 Tapan pada materi bangun ruang yang diperoleh dari 22 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 14 Siswa perempuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes evaluasi pada awal pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 64,55 dengan ketuntasan 36,36%. Setelah melakukan siklus I diperoleh nilai rata-rata 76,36 dengan ketuntasan 68,18%. Dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 91,81 dengan ketuntasan 90,91%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga, Bangun Ruang, Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3899 |