WURI RACHMATUL WINDIATI (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Wateskroyo dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa hasil belajar Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) siswa kelas III SDN Wateskroyo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung masih rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan model atau metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa secara individu maupun kelompok. Dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional dan kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PLH melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas III SDN Wateskroyo tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 9 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Wateskroyo. Adapun hasil belajar mulai dari pra siklus yaitu 44,44% siswa yang mencapai KKM yakni 70, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 66,67 dan melakukan perbaikan pada siklus I yaitu 66,67% siswa yang mencapai KKM, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 72,22 dan meningkat pada siklus II yaitu 88,89% siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 84,4. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Wateskroyo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Hasil belajar, Model pembelajaran NHT, Pendidikan lingkungan hidup |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3895 |