INTAN PRATIWI (2023) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Pada Kelas III Menggunakan Media Konkret. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran matematika materi perkalian. Sehingga solusi pemecahan masalah ini yaitu dengan melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media konkret. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan hasil belajar perkalian siswa kelas III SDN Tuliskriyo 01 melalui penggunaan media konkret. Subjek penelitian ini terdiri dari 12 siswa kelas III di SDN Tuliskriyo 01. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang meliputi kegiatan perencanaan, pelakasanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan instrument lembar observasi dan lembar tes hasil belajar perkalian. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif. Data diperoleh melalui instrumen pengamatan dan instrumen tes perkalian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika materi perkalian dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai 61 pada siklus I dan meningkat menjadi 81 pada siklus II. Sedangkan untuk ketuntasan belajar klasikal juga mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 41,66% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Konkret, Perkalian |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3894 |