Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Problem Based Learning utuk menikatkan hasilbelajar siswa materi Luas kelas IV SDN SUKOREJO 03

RIRIS NUNING TRISNAWATI (2023) Penerapan Problem Based Learning utuk menikatkan hasilbelajar siswa materi Luas kelas IV SDN SUKOREJO 03. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran di kelas dianggap berhasil apabila guru dapat melaksanakanpembelajarandengan cara yang memungkinkan peserta didik untuk memahami apayang mereka pelajaridan meningkatkan kemampuan yang memuaskan. Dalam hal inimasih banyak peserta didikyang belum mencapai hasil yang memuaskan. Olehkarena itu, guru membutuhkan modelpembelajaran dan media pembelajaran yangefektif untukmeningkatkan pemahamandanketerampilan peserta didik.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Sukorejo 03di perolehdata peserta didik yang masih rendah dalam memahami pelajaran Matematika materi LuasBangun Datar. Untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran di butuhkan metodeProblem Based Learning pembelajaran yang efektif yaitu dengan menggunakan metodeProblem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta didik.Tujuan dari penggunaan media pembelajaran ini untuk mengetahui pengaruh diterapkannyapembelajaran dengan media manipulatif terhadap pemahaman mencari Luas persegi danpersegi panjang.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman danhasil belajar peserta didik. Terlihat dari presentase nilai pada pra siklus, siklus I, dan siklusII yang mengalami peningkatan. Pada pra siklus diperoleh data 23,5% peserta didikmemperoleh nilai di atas KKM dan 76,5% peserta didik memperoleh nilai di bawah KKM.Dalam siklus I terjadi peningkatan hasil belajar, yaitu 35,3% peserta didik memperoleh nilaidi atas KKM dan 64,7% peserta didik memperoleh nilai di bawah KKM. Dalam siklus IIterjadi peningkatan yang signifikan, yaitu 76,5% peserta didik memperoleh nilai di atasKKM dan 23,5% peserta didik memperoleh nilai di bawah kkm. Hail ini menunjukkanbahwa penggunaan media manipulatif dapat efektif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Media Manipulatif, Kemampuan Peserta didik,Mencari Luas persegi dan persegi panjang.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3891

Actions (login required)

View Item
View Item