Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT- SIFATNYA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEMESTER II SD ALAM WANATANI

ENDAH RETNA WISANTI (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT- SIFATNYA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEMESTER II SD ALAM WANATANI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKIlmu Pengetahuan Alam merupakan suatu ilmu teoritis, tetapi teori tersebut didasarkan atas pengamatan. IPA mempunyai ciri khas yaitu objektif, metodik, sistematik dan berlaku umum. Dengan sifat-sifat tersebut, maka seseorang yang berhubungan dengan IPA akan selalu tumbuh sikap ilmiah. Salah satu dari sikap ilmiah tersebut adalah tidak percaya begitu saja pada suatu kesimpulan tanpa adanya bukti-bukti nyata. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (class-room action research) dengan jenis penelitian mandiri. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan test, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi Adapun peningkatan prestasi belajar IPA dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir. Untuk hasil observasi pada siklus I pengamatan aktivitas peneliti 87, 7 % , aktivitas siswa 84 % masuk dalam kategori baik, pada siklus II pengamatan aktivitas peneliti 95, 38 %, aktivitas siswa 94 % masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar siswa belum tercapai yaitu sebesar 54, 54%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86, 36 % yang ada diatas standar ketuntasan yang ditetapkan yaitu 75%, pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 31, 82 %. Dengan demikian pada siklus II telah mencapai target awal bahwa metode eksperimen mampu meningkatkan prestasi belajar IPA. Dalam penelitian ini siswa menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran dengan metode eksperimen. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil wawancara terhadap perwakilan siswa kelas V SD Alam Wanatani, Sanankulon, Blitar. Berdasarkan uraian di atas, prestasi belajar siswa pada siklus I belum berhasil, sedangkan pada siklus II prestasi belajar meningkat dan telah mencapai target sesuai dengan standar ketuntasan yang telah ditentukan., sehingga jumlah anggota kelompok tidak terlalu banyak dan masing-masing anggota memiliki tugas masing-masing. Selain itu, pada siklus II siswa diberikan modul sehingga mereka dapat memahami materi lebih dalam lagi

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode Eksperimen, Prestasi Belajar, IPA
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3888

Actions (login required)

View Item
View Item