ZULVITA RAHMA YUNIA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA MELALUI METODE DISKUSI KELAS III SDN 1 MAJAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik untuk memahami materi pertumbuhan dan perkembangan manusia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Salah satu penyebabnya adalah dalam proses pembelajaran dimana guru menggunakan metode ceramah dalam pengajaran dan kurang memanfaatkan alat dan media yang menarik sehingga siswa mudah bosan dan proses pembelajaran tidak berjalan dengan lancar. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia di kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Majan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan adalah metode diskusi dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel Penelitian ini adalah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki - laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini direncanakan dalam dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan pada siklus I tingkat keberhasilan mencapai 65% dan pada siklus II mencapai 90%. Dengan demikian, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode diskusi di Sekolah Dasar perlu diterapkan sebagai suatu pembelajaran yang baik dikarenakan dapat mengoptimalkan dan mengaktifkan kemampuan siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Metode Diskusi |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3886 |