Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Model pembelajaran Contextual Teaching Learning dalam meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas 1 materi Bangun ruang

DIANA SEFTY WULANDARI (2023) Penerapan Model pembelajaran Contextual Teaching Learning dalam meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas 1 materi Bangun ruang. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya pemahaman konsep siswa kelas 1 pada materi bangun ruang. Siswa masih terkesan binggung dalam membedakan macam-macam bangun serta menyebutkan contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga mengarah pada belum tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk itu pada penelitian ini, peneliti menerapkan model pembelajaran Contextal Teaching Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun ruang. Aspek yang menjadi indicator dalam penelitian ini proses siswa memahami konsep, ketrampilan menyelesaikan soal dengan menggunakan media konkrit.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK), Dengan menggunakan media bangun ruang konkrit, ternyata pemahaman konsep siswa tentang bangun ruang dirasakan lebih mudah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata setiap siklusnya pra siklus (64,8), Siklus I ( 73,2), Siklus II (86,8) presentase ketuntasan 92% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Contextal Teaching Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Contextal Teaching Learning, Bangun ruang, Prestasi belajar siswa
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3885

Actions (login required)

View Item
View Item