Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

WIRASTRI UTAMI (2023) PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pengajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman teks. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 25 siswa kelas V SD Negeri 2 Pacekulon. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengetahui data kondisi proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan tes formatif untuk mendapatkan data kemampuan awal dan akhir dari setiap siklus. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman teks Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari prasiklus sebanyak 36% naik menjadi 64% pada siklus I, dan kembali naik menjadi 88% pada siklus 2. Dari temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar karena model pembelajaran ini cukup efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman teks.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran resiprokal, membaca pemahaman, teks
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item
View Item