Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA RANSEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VID SD ISLAM SURYA BUANA, LOWOKWARU, KOTA MALANG

MOHAMMAD YUSUF ARIFIN (2023) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA RANSEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VID SD ISLAM SURYA BUANA, LOWOKWARU, KOTA MALANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan belajar tidak terlepas dari adanya prestasi belajar yang akan didapatkan oleh peserta didik. Tetapi dalam kegiatan pembelajaran IPA khususnya pada materi rangkaian listrik seri dan paralel, peserta didik kelas VID SDI Surya Buana Malang masih mengalami kesulitan. Hal tersebut diketahui dari perolehan hasil pretes yang didapatkan peserta didik yaitu sebanyak 33% dari 24 siswa masih mendapat nilai di bawah ketuntasan belajar minimal (KBM), sehingga peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar IPA. Media papan ransel ini merupakan papan rangkaian seri dan paralel yang di atasnya sudah tersedia komponen-komponen listriknya untuk memudahkan peserta didik dalam menyusun rangkaian seri dan paralel. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dengan 3 tahap utama yaitu tahap pra siklus, perbaikan dengan siklus I, dan perbaikan dengan siklus II. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I, prestasi belajar meningkat dari 33% menjadi 58% siswa yang di atas KBM, dan pada siklus II jumlah siswa yang meningkat sebanyak 83%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran papan ransel dapat meningkatkan prestasi belajar IPA peserta didik kelas VID di SDI Surya Buana.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Rangkaian Seri dan Paralel, Media Papan Rangkaian Seri Paralel
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3877

Actions (login required)

View Item
View Item