DARMIATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING MURID KELAS V SD NEGERI 1 SUDIMOROHARJO KABUPATEN NGANJUK. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKSetelah penulis melakukan observasi, ternyata hasil observasi kelas V SDN 1 Sudimoroharjo Kab. Nganjuk pada pelajaran matematika masih berpusat pada guru. Guru masih menggunakan metode ceramah sehingga murid kurang memahami materi. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika murid.Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika pada materi volume kubus dan balok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah murid kelas V berjumlah 13 orang, yang terdiri dari 7 orang murid laki-laki dan 6 orang murid perempuan. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi dengan alat pengumpulan data berupa soal tes tulis dan lembar observasi Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning meningkatkan hasil belajar murid dengan prosentase di siklus 1 sebesar 69,2% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 84,6% dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 15,4%. Kesimpulannya, model pembelajaran model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas V SDN 1 Sudimoroharjo KAB.Nganjuk.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Matematika, model Discovery Learning , hasil belajar matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3876 |