Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SDN PECALUKAN I PRIGEN PASURUAN

NURUL SELVIA (2023) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SDN PECALUKAN I PRIGEN PASURUAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang dari penelitian adalah selama pembelajaran guru belum maksimal dalam melibatkan siswa secara aktif sehingga ada siswa yang belum mengerti tentang konsep perubahan wujud benda, siswa hanya menjadi pendengar dan penulis ringkasan atau pencatatan materi yang ada pada buku sumber belajar dan siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru, kurangnya pemanfaatan dalam penggunaan alat-alat penunjang pembelajaran IPA secara maksimal.Tujuan penelitiannya adalah Mendeskripsikan penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis PAIKEM dapat meningkatakan belajar siswa kelas IV pada materi perubahan wujud benda di SDN Pecalukan I. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Tempat penelitian di SDN Pecalukan I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan yang beralamatkan di JL. Krajan Tengah No. 21. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang merupakan penelitian tindakan oleh guru yang dilakukan dalam kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga hasil belajar anak mengalami peningkatan. Penelitian ini menggunakan bentuk atau model spiral yaitu dari pra tindakan ke siklus yang satu ke siklus berikutnya saling berkaitan. Setiap siklus meliputi Perencanaan, Tindakan dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan melalui Siklus I, dan Siklus II. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbasis PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi perubahan wujud benda. dengan bukti adanya peningkatan ketuntasan belajar yang meningkat. Pada siklus I sebesar 18 siswa atay 69,23 % dari 26 siswa dan mengalami kenaikan pada siklus II yaitu sebesar 22 siswa atau 84,61 % dari 26 siswa, dan peningkatan keaktifan belajar siswa dengan rata – rata kelas sebesar 68 pada siklus I dan naik lagi menjadi 85 pada siklus II

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, PAIKEM, Hasil Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3872

Actions (login required)

View Item
View Item