AL IDRIS SAICHUN NIZAR (2023) Back to Nature: Aktualisasi pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 3 SD pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkat prestasi belajar IPA kelas III SD dengan materi pembelajran ciri-ciri mahkluk hidup dengan metode pembelajaran outdoor study . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 14 orang peserta didik kelas III sd di salah satu sekolah negeri di kota Malang. Penelitian ini berlangsung dengan dua siklus. Ketika pra siklus hanya ada 35% siswa yang dapat menuntaskan pembelajaran. 65% sisahnya tidak mampu menguasai pembelajaran. Ketika siklus I diberikan kepada pesrta didik tingkat kelulusan menjadi 71% . katena belum mencapai target yang diinginkan peneliti, maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II 85% peserta didik dapat melewati tingkat kelulusan. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran outdoor study dapat meningkatkan prestasi belajar IPA kelas III SD dengan materi pembelajran ciri-ciri mahkluk hidupp. Adapun saran peneliti untuk guru adalah memanfaatkan segala yang ada di sekitar kita untuk membantu pesrta didik dalam melakukan pembelajran. Saran untuk peserta didik adalah sebaiknya mengikuti segara arahan dari guru agar tercipta suasana pembelajaran yang kondusif. Saran untuk sekolah adalah memberikan ruang yang seluas-luasnya untuk guru dan siswa dalam melakukan model pembelajran yang bervariatif.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Outdoor Study, Pembelajran IPA, Prestasi belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3871 |