Search for collections on Karya Ilmiah

Penggunaan Asesmen Portofolio Pada Setting Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas VI SDIT Alam Al Uswah Prigen Pasuruan

WAHYU PUTRI RAHMAWATI (2023) Penggunaan Asesmen Portofolio Pada Setting Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas VI SDIT Alam Al Uswah Prigen Pasuruan. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Realita yang terjadi pada evaluasi pembelajaran saat ini menggunakan tes tulis sebagai satu-satunya alat ukur kemampuan siswa. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa prinsip evaluasi yaitu berdasarkan tiga aspek hasil belajar siswa antara lain kognitif, psikomotor dan afektif. Tes tulis hanya menunjukkan hasil belajar kognitif siswa, sehingga perlu adanya alat ukur lain yang mendukung dan dapat mengukur aspek yang lain yakni aspek psikomotor dan aspek afektif. Berdasarkan latar belakang, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan portofolio dalam setting project based learning sebagai salah satu bentuk penilaian alternatif yang dapat mengukur aspek afektif dan psikomotor siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pembelajaran. Pada aspek kognitif terjadi peningkatan sebesar 40%, aspek psikomotor menulis meningkat sebesar 53% dan aspek psikomotor presentasi terjadi peningkatan 33%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Asesmen Portofolio, Berbasis Proyek, Literasi
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3866

Actions (login required)

View Item
View Item