Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika Siswa Kelas 2 SDN Sawojajar 1 Malang

DEWI ANNISA' (2023) Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika Siswa Kelas 2 SDN Sawojajar 1 Malang. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan dilatarbelakangi rendahnya pemahaman peserta didik dalam menyelesaikan soal fakta dasar perkalian dan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi perkalian dasar maka dirumuskan masalah Apakah ada peningkatan kemampuan berhitung perkalian dengan metode jarimatika pada peserta didik kelas 2 SDN Sawojajar 1 Malang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam menetapkan media yang tepat agar terjadi peningkatan kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas rendah. Tahapan siklus dalam penelitian ini menggunakan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Data hasil belajar pada Pra Siklus sebesar 41% (empat puluh satu persen) diatas nilai KKM, sedangkan pada Siklus I meningkat menjadi sebesar 74% (tujuh pukuh empat persen) diatas nilai KKM dan pada Siklus II meningkat menjadi sebesar 85% (delapan puluh lima persen) diatas nilai KKM. Sehingga dapat disimpulan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa metode jarimatika mampu meningkatkam kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas 2.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: jarimatika, kemampuan berhitung, perkalian
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3861

Actions (login required)

View Item
View Item