KOYIMATUS SHOLEKAH (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN METODE PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan menulis dengan metode permainan pada siswa kelas 3 SDN 2 GEGER. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SDN 2 GEGER pada kelas 3 semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Kelas 3 di SDN 2 GEGER terdiri dari 37 siswa, yang terbagi menjadi 16 laki-laki dan 21 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode observasi dan menggunakan instrument lembar observasi dan tes tertulis. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan data, kemudian data yang sudah dikelompokkan di deskripsikan dalam bentuk narasi dan table, kemudian menyimpulkan hasil dari analisis data dengan pernyataan. Dari hasil penelitian pada pra siklus anak yang dapat mencapai indicator hanya 8 %. Kemudian pada siklus satu ada 32 % anak yang dapat mencapai indicator, dan terus berkembang pada siklus 2 hingga 83 % siswa dapat mencapai indicator. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode permainan dapat meningkatkan ketrampilan siswa kelas 3 SDN 2 GEGER.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan Menulis, Metode Permainan, Sekolah Dasar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3860 |