NINDY RISMAYASARI (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENERAPAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 1 SURUH. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena adanya permasalahan mengenai kurang maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas II SD Negeri 1 Suruh Kecamatan Suruh kabupaten Trenggalek.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana cara menerapkan media pembelajaran puzzle guna membantu memaksimalkan hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas II SDN 1 Suruh Kecamatan Suruh kabupaten Trenggalek. Metode pendekatan dan jenis penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang mana tiap siklus memiliki empat tahapan yang meliputi (1) Perencanan (Planing ), (2) aksi atau tindakan (akting), (3) observasi(observing) dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Suruh pada bulan maret - Juni 2023 tahun ajaran 2022/2023 dengan subject penelitian 13 siswa kelas II pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah menggunakan instrumen lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran puzzle mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 siswa hanya mampu mendapatkan rata rata post test sebanyak 65% dari keseluruhan jumlah siswa dan mengalami peningkatan di siklus 2 menjadi 95 % post test dari keseluruhan jumlah siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: media pembelajaran puzzle, matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:13 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3857 |