Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN IPAMATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN PADA KELAS 4DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDECIRCLE (IOC) SD NEGERI 3 BENDOREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MELINIA INTAN PRAMADANI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN IPAMATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN PADA KELAS 4DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDECIRCLE (IOC) SD NEGERI 3 BENDOREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPramadani, Melinia Intan. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar PembelajaranIPA Materi Perkembangbiakan TumbuhanPada Kelas 4Dengan Penerapan ModelPembelajaran Inside Outside Circle (IOC) SDNegeri 3 Bendorejo Tahun Pelajaran2022/2023.Meningkatnya mutu pendidikan tidak hanya dapat terwujud dalam prosespembelajaran yang tidak hanya ditentukan oleh faktor kurikulum dan kemampuanguru dalam proses pembelajaran saja, melainkan salah satunya menggunakanmodel pembelajaran peserta didik yang sangat berpengaruh dalam menentukankeberhasilan dalam proses pembelajaran. Penelitian sini bertujuan untukmengetahui: (1) Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Inside OutsideCircle (IOC) Pada Siswa Kelas IV Terkait Materi Perkembangbiakan PadaTumbuhan Pada Pembelajaran IPA di SD Negeri 3 Bendorejo. (2) Untukmengetahui Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas IV Terkait MateriPerkembangbiakan Pada Tumbuhan Pada Pembelajaran IPA di SD Negeri 3Bendorejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yangmenggunakan desain dua factorial. Jumlah populasi yang digunakan dalamkegiatan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SD Negeri 3 Bendorejo TahunPelajaran 2022/2023 yaitu dengan jumlah 13 siswa. Model yang digunakan dalampenelitian ini yaitu Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC), dimana modelini dapat digunakan dengan tujuan membuat pengarahan. Pada penelitian ini,menggunakan penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tujuanuntuk mengetahui tingkat peningkatan hasil belajar dengan Model PembelajaranInside Outside Circle (IOC). Pada pelaksanakan perbaikan pada siklus 1 tampaksiswa yang tuntas berjumlah 8 anak atau (61,5%) sedangkan pada pelaksanakanperbaikan pada siklus 2 mengalami kenaikan yang signifikan yaitu anak yang tuntas10 siswa atau (77 %). Sehingga dari data hasil belajar tersebut dapat dikatakantuntas.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Inside Outside Circle (IOC), Peningkatan belajar IPA
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3854

Actions (login required)

View Item
View Item