Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Kemampuan Koknitif Anak Kelompok A Dengan Mengenalkan Konsep Bilangan Melalu Kartu Angka.

MITA DANIATUN (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Koknitif Anak Kelompok A Dengan Mengenalkan Konsep Bilangan Melalu Kartu Angka. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan melalui kartu angka pada anak kelompok A di RA GUPPI Sidoharjo Pacitan. Anak usia dini sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan Kognitif dipahami sebagai semua proses priskologis yang berkaitan dengan bagaimana individu belajar dan berfikir tentang lingkungannya. Pada dasarnya kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini dapat di tingkatkan apa bila guru mengetahui metode yang tepat, di antaranya melalui penggunaan kartu bilangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas(PTK). Subjek penelitian yaitu semua anak kelompok A dengan jumlah 15 anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah mengalami peningkatan pada anak dalam mengenal konsep bilangan melalui kartu angka. Pada ketiga indikator mengalami peningkatan masing-masing indikator pada prasiklus, siklus 1 dan siklus 2.Pada prasiklus indikator pertama memiliki presentasi 50% indikator ke dua 45% dan indikator ketiga 43,33%.Pada siklus ke dua ketiga mengalami peningkatan setelah melewati siklus 1 yakni indikator pertama mengalami peningkatan hingga 83,89% indikator kedua mencapai 81,67% indikator ketiga mencapai 75,56%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Konsep bilangan, Kartu angka
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3849

Actions (login required)

View Item
View Item