Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Minat Belajar Anak Mengenal Huruf Vokal melalui Metode Bermain Engklek Modifikasi pada KB Harapan Tahun 2023

WENI YULIA IMAN SARI (2023) Peningkatan Minat Belajar Anak Mengenal Huruf Vokal melalui Metode Bermain Engklek Modifikasi pada KB Harapan Tahun 2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang muncul di KB Harapan tahun 2023 adalah kegiatan pembelajaran yang berpusat pada pendidik menyebabkan minat belajar anak mengenal huruf sangatlah rendah. Rendahnya minat belajar ini dapat menyebabkan masalah terhadap kemampuan anak mengenal huruf. Permasalah ini dapat diatasi dengan penerapan metode bermain engklek yang dimodifikasi. Modifikasi permanianan engklek ini terletak pada papan engklek yang digunakan dengan diberi label huruf dan penyederhanaan aturan main. Aturan main disesuaikan dengan karakter anak usia 3-4 tahun yang masih belajar memproses informasi yang didapat. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan terhadap minat belajar anak sebesar 85%. Perbaikan juga dilaksanakan pada siklus 2 yaitu permainan engklek modifikasi dilaksanakan dalam kegiatan kompetisi. Pada tindakan siklus 2 menunjukkan hasil pengukuran minat belajar sebesar 90%. Penigkatan minat belajar ini ditunjukkan anak dengan sikap dan perilaku anak terhadap kegiatan main. Anank antusias dalam kegaitan kompetisi dengan saling mendukung temannya. Sehigga dapat disimpulkan bahwa minat belajar anak mengenal huruf vokal dapat ditingkatkan melalui metode bermain engklek modifikasi.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: engklek modifikasi, minat belajar, mengenal huruf
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:13
Last Modified: 11 Dec 2023 09:13
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3843

Actions (login required)

View Item
View Item