SUMARNINGSIH (2023) PENGGUNAAN METODE COOPERATIF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 1 PUNJUNG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tema manusia dan lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning pada kelas V SD Negeri 1 Punjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus prates, rata-rata nilai siswa adalah 57 dengan hanya 6 siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus 1, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 69 dan jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 10. Pada siklus 2, rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 81 dan semua siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar dengan presentase 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tema manusia dan lingkungan di kelas V SD Negeri 1 Punjung.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, hasil belajar, tindakan kelas |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3835 |